Saturday, April 4, 2009

Journalism : Blog dan Jurnalisme Warga


A blog about citizen journalism. (Bahasa Indonesia).



Istilah jurnalisme warga (citizen journalism) mulai muncul ke permukaan seiring maraknya pertumbuhan dan perkembangan blog di ranah WWW.

Khalayak – yang selama ini menjadi konsumen media massa mainstream, seperti Koran, majalah, tabloid, radio, televise, dan website berita - kini memiliki alternative sumber berita dan informasi, yakni blog.

Apakah semua blog dapat dikatan jurnalisme warga? Belum tentu! Sebuah blog baru dapat dikatakan jurnalisme warga bila menjalankan aktivitas jurnalisme, yakni mengumpulkan data, mengolahnya, kemudian menyajikannya untuk khalayak layaknya media massa mainstream. Contoh riil jurnalisme warga dapat dilihat pada blog Media Bersama.

Satu hal yang menjadi pembeda blog ini dengan website berita adalah keterlibatan warga (non-junalis) dalam menjalankan aktivitas jurnalisme. Selain itu, legalitas lembaga penyiaran berita dan informasi tidak wajib ada dalam jurnalisme warga.

Nah, sekarang Anda bisa menilai sendiri, kira-kira media mana yang bisa lebih independen dalam menyampaikan berita dan informasi kepada khalayak?


Address : Media Bersama

No comments:

Post a Comment